Home News Edukasi Tentang HIV/AIDS dengan Opera Musikal

Syair.org – Edukasi masyarakat tentang HIV/ AIDS bisa dilakukan dengan berbagai cara. Komunitas Cerita Beda Hak Sama (CBHS) memilih untuk menggelar opera musikal. Bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (1/12) malam, gelaran tersebut dihadiri ratusan penonton yang antusias mengikuti jalan cerita. Gelaran opera ini terselenggara berkat kerjasama antara komunitas CBHS dan Yayasan Syair Sahabat.

Ketua Yayasan Syair Sahabat, Ahmad Syaiful, mengapresiasi insiatif yang digagas CBHS. Menurutnya, edukasi tentang HIV/AIDS ke masyarakat memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh karena itu, ia pun berharap kegiatan serupa bisa terus berlangsung ke depannya.

“Harapannya semoga ke depannya agar tidak ada lagi diskriminasi untuk ADHA. Pada dasarnya anak-anak mempunyai hak yang sama dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, fasilitas kesehatan dan kehidupan sosial,” ucap Syaiful.

Opera yang berlangsung sekitar satu jam tersebut menceritakan perjuangan seorang anak bernama Esok, dalam menghadapi diskriminasi dari lingkungan. Dengan keteguhan hati dari sang ibu, akhirnya mereka berdua bisa melewati masa-masa kelam.

Ini merupakan kedua kalinya CBHS mengadakan opera serupa dengan tema HIV/AIDS. Acara pertama diberi judul “Cerita Beda Hak Sama” yang pada akhirnya menjadi nama komunitas mereka hingga sekarang.

Penulis : (Abdillah)
Foto : Cerita Beda Hak Sama

Comments

comments

NEWS