Home Partnership Kemendiknas Mendukung Pelatihan

Pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan kaum marjinal harus digalakan karena saat ini banyak sekali kaum marjinal di masyarakat. Syair.org pun berusaha untuk memberdayakan Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA). Salah satu program Syair.org adalah Skills Training yakni memberikan pelatihan keterampilan terhadap ODHA.

Bekerja sama dengan berbagai unsur masyarakat, Syair.org telah memberikan berbagai pelatihan kepada ODHA seperti pelatihan menyulam, make up, kerajinan lilin, dll. Kini Syair.org kembali membuat pelatihan keterampilan lilin yang lebih mendalam kepada ibu-ibu ODHA agar mereka memiliki keahlian sehingga bisa berdaya.

Program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional dengan memberikan empat pertemuan pelatihan yang dilakukan oleh ahli kerajinan lilin, Veri Apriyatno, beserta tim. Selain itu, peserta juga dibekali berbagai ilmu yang diperlukan dalam Usaha Kecil Menengah termasuk soal manajemen dan keuangan.

Karya para ibu selama pelatihan pun tergolong sangat baik. Beberapa tetangga peserta bahkan banyak yang tertarik untuk membeli hasil karya saat pelatihan. Peserta pun sangat banggga dengan hasil karya mereka.

Yang tidak kalah penting, setelah diberikan ilmu keterampilan, peserta akan dibekali modal peralatan dan bahan baku agar bisa menjalankan usaha keterampilan lilin. Dari 15 ibu ODHA yang dilatih, selanjutnya dibuat 3 kelompok, masing-maisng 5 orang, agar mereka bisa bersama-sama dan saling berbagiuntuk kemajuan mereka.

Melalui keterampilan lilin ini tentu kita berharap mereka bisa berdaya sehingga setidaknya bisa menghidupi keluarganya.

Comments

comments

NEWS