Home Event Pemenang #FestivalFilmSyair: AIDS Sastro, Resiko Tinggi, Kita Sama, dan Your Circle

Setelah melalui beberapa proses penilaian yang sangat ketat, tim juri Festival Film Syair yang terdiri dari Sha Ine Febriyanti, Darius Sinathrya, Deasy Noviyanti, dan Yudie Oktav telah memutuskan pemenang #FestivalFilmSyair.

Festival Film Syair ini merupakan festival film bertema AIDS yang diadakan oleh Syair Untuk Sahabat Foundation atau Syair.org yakni yayasan kepedulian terhadap AIDS. Meski baru pertama kali diselenggarakan, tetapi Festival Film Syair patut dibanggakan karena mendapat sambutan yang sangat luar biasa baik dari sineas lokal maupun luar negeri.

Total peserta adalah 123 film yang datang dari 7 negara termasuk dari Amerika Serikat, Selandia Baru, India, Bangladesh, Mesir, dan Syria. Para peserta dari dalam negeri pun datang dari hampir semua kota di Indonesia mulai dari Aceh hingga Ambon.

Dari 123 film banyak sekali film yang sangat bagus dan juri pun melakukan seleksi sebanyak tiga tahap yakni memilih 20 besar, 10, besar, dan 3 besar dengan fokus penilaian pada Konsep Cerita, Skenario, Penyutradaraan, Sinematografi, Artistik, Efek Visual, Editing, Penataan Suara, dan Penataan Musik.

FIlm yang masuk 20 besar adalah:
1. a Conversation
2. AIDS Sastro
3. Eternity
4. Kostumku
5. Kirana
6. Kita Sama
7. Life (Selandia Baru)
8. Life and The Instrument
9. Mumpung
10. Note
11. O’Rae
12. Odha
13. Promiscuty
14. Rahasia Luka
15. Resiko Tinggi
16. The Pursuit of Life (Bangladesh)
17. Vonis
18. Welcome
19. Wrong Love
20. Your Circle (Syria)

Dari 20 besar tersebut tim juri kembali melakukan seleksi menjadi 10 besar dan yang masuk 10 besar adalah:

1. a Conversation
2. AIDS Sastro
3. Kostumku
4. Kita Sama
5. Kirana
6. Note
7. Odha
8. Resiko Tinggi
9. The Pursuit of Life (Bangladesh)
10. Your Circle (Syria)

Setelah dihasilkan 10 besar, juri kembali melakukan seleksi, diskusi, dan perdebatan yang cukup panjang untuk memilih para pemenang dan film favorit, hingga tim juri akhirnya sepakat untuk memutuskan pemenangnya adalah:

Pemenang 1: AIDS Sastro
Pemenang 2: Resiko Tinggi
Pemenang 3: Kita Sama
Film Favorit: Your Circle (Syria)

Untuk pemenang favorit, tim juri memilih dari 10 film yang paling banyak ditonton di Youtube. Adapun hadiah untuk Pemenang 1 adalah uang Rp 20,000,000, Pemenang 2 Rp 10,000,000, Pemenang 3 Rp 5,000,000, dan Film Favorit US$ 500.

Syair.org dan tim juri mengucapkan selamat bagi para pemenang dan tentu terima kasih untuk semua peserta yang telah turut meramaikan #FestivalFilmSyair. Semoga apa yang dilakukan kita semua bermanfaat untuk kebaikan khususnya pada kampanye pemahaman terhadap HIV dan AIDS.

Comments

comments

NEWS