Oleh Enno Lerian
Sahabat Syair,
Menikmati kehindahan dasar laut selalu menyenangkan dan bisa membuat Anda ketagihan. Begitu banyak pemandangan indah, bahkan Indonesia termasuk surga bagi para diver karena banyak tempat untuk menikmati biota laut seperti terumbu karang, rumput laut, dan berbagai jenis ikan yang mungkin tidak akan ditemukan di lautan lain.
 
Scuba bisa dilakukan oleh siapa saja dari mulai anak 8 tahun hingga orang tua. Tetapi, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa aman dalam melakukannya. Pada dasarnya, olahraga ini risikonya cukup tinggi, namun jika melakukannya dengan benar, petualangan di dasar laut akan sangat menyenangkan, aman, sulit dilupakan, dan bahkan bisa menghilangkan stres dari penatnya pekerjaan. Anak usia 8 tahun sudah bisa melakukan program latihan dengan pengamanan sangat ketat. Usia 10 tahun bahkan sudah bisa mendapatkan sertifikat Junior Open Water Divers dan mulai usia 15 tahun bisa mendapatkan Open Water Divers, serta tidak ada batasan usia untuk diving.
Bagi Anda yang belum pernah dan tertarik untuk melakukannya, yang pertama perlu dilakukan adalah mengikuti pelatihan dan mendapatkan kualifikasi dari agen yang resmi atau yang terdaftar. Selain itu, Anda harus melakukan pemeriksaan medis dan tes renang. Anda harus dalam kondisi benar-benar sehat. Ini bukan berarti Anda harus super-fit, tapi Anda tidak memiliki masalah kesahatan yang serius.
Jika baru mencoba olah raga ini, Anda jangan melakukan scuba diving di tempat yang membutuhkan kualifikasi khusus seperti menyelam di gua dasar laut karena itu dibutuhkan latihan khusus. Anda juga perlu mencari teman dalam melakukan scuba diving atau jangan melakukannya sendiri. Menyelam sendiri sangat tidak lumrah meski hal itu memungkinkan. Hanya profesional diver yang bisa pergi menyelam sendiri. Itu pun hanya diver yang memiliki sertisikasi solo dive.
Ikuti berbagai petunjuk dari instruktur atau person in charge dalam setiap perjalanan scuba. Anda juga harus mengenali dan memahami equipment dengan benar dan pastikan semuanya berfungsi, terutama jika Anda menyewa peralatan tersebut. Anda juga perlu memahami cuaca sebelum makukan scuba diving. Kondisi air dan cuaca harus benar-benar aman dan Anda harus segera mengamakan diri ke tepi jika mengetahui cuaca memburuk.
Tidak kalah penting, kita perlu melindungi kulit dengan waterproof sunscreen, minum air sesering mungkin meski tidak merasa haus, dan perlu mengetahui tanda-tanda dan cara penanggulangan dehidrasi, heat exhausting, hingga hypothermia yakni kondisi dimana temperatur turun hingga metabolisma dan fungsi-fungsi tubuh di bawah batas normal. Jangan lupakan pula streching sebelum scuba diving demi meningkatkan fleksibilitas otot dan tubuh.
Lantas apa yang diperlukan untuk scuba diving? Peralatan yang sebaiknya dimiliki adalah Masker, Snorkel, dan Fins (kaki katak). Perlu dimiliki sendiri karena  peralatan tersebut personal fit atau perlu cocok dengan tubuh. Sedangkan Wetsuit atau pakaian yang biasa dipakai untuk watersport baik scuba diving, snorkeling, atau jet ski bisa Anda sewa. Bila Anda benar-benar menyukai scuba diving, tentu akan lebih baik jika memiliki Wetsuit karena akan lebih nyaman memakai Wetsuit sendiri. Fungsi Wetsuit untuk melindungi kulit dari goresan karang dan juga untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.
Sementara itu, tanki scuba, weight, dan belt tidak perlu dimiliki karena bisa kita dapatkan dengan menyewa. Selain itu, tanki scuba tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam pesawat terbang. Semua Dive Resort pun selalu memasukan penyewaan tanki scuba pada setiap paket wisata diving.
Banyak diver dari berbagai manca negara setiap tahun datang ke Indonesia karena di negara yang memiliki 17.000 pulau ini terdapat banyak hamparan tempat untuk diving dari wilayah barat hingga Papua. Di barat ada Pulau Weh, Mentawai, hingga Lampung. Ujung Kulon, dan Krakatau juga memiliki fanorama bagus. Pulau Bali menjadi salah satu tempat favorit para peselam. Tempat-tempat indah di Bali diantaranya Pulau Menjangan, Puri Jati, Lovina, Bunutan, Amben, Tulamben, Padang Bai, Gili Tepekong, Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Dua, dan Sanur.  Berpindah ke Lombok ada Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Pulau Komodo di Flores juga menjadi salah satu tujuan para diver.
Di Kalimantan ada Pulau Derawan, Sangakali, serta Kakaban, pulau yang terdapat danau air payau yang dihuni ribuan jelly fish atau ubu-ubur yang tidak menyengat. Taman Laut Bunaken di Sulawesi menjadi tempat wajib bagi para diver karena keindahannya. Selain itu masih ada Wakatobi, Selayar, dan Lembeh, yang juga perlu didatangi jika Anda menyukai alam bawah laut.
Sementara itu, Ambon, Halmahera, dan Papua merupakan surga bagi scuba diving. Raja Ampat menjadi surganya surga untuk para diver dari AS, Eropa, Australia, dan Jepang karena kindahan yang menakjubkan dan banyak biota laut yang tidak ditemukan di negara lain.
Bagaimana, Anda tertarik untuk turut menikmati keindahan tempat-tempat tersebut?
 

Leave a reply

Menjadi organisasi yang menggerakkan kesadaran terhadap isu-isu sosial dan kesehatan yang berkembang di Indonesia, khususnya yang terkait dengan HIV dan AIDS.

Support

Dengan anggota tim dan relawan yang antusias, kami siap mendukung Anda kapan pun.

Contact

Jl. Lebak Indah V No. E/9, RT 10 RW 07

© Copyright 2021 by Syair.org