Home Education Syair.org Hadir di UNAS

Program School Campaign yakni kampanye kepedulian terhadap AIDS yang tengah digalakan Syair.org di sekolah-sekolah dan universitas hadir di UNAS (Universitas Nasional), Pejaten, Jakarta, Jumat (19/1). Bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi, Syair.org datang untuk memberikan berbagai informasi seputar HIV dan AIDS. Beberapa pengurus Syair.org yakni Diana Indrani (Sekretaris), Deasy Noviyanti (Public Relations), dan Sary Latief (Education Officer) yang hadir di UNAS.

Setelah pemutaran berbagai film materi kampanye, diskusi menjadi sesi yang sangat seru. Berbagai pertanyaan dan permasalahan yang sangat dekat dengan kehidupan mahasiswa seperti seks dan narkotika mencuat deras dan dibahas dengan lugas oleh para narasumber.

“Jangan free sex, tapi harus bayar,” kata Deasy Noviyanti. “Maksudnya harus siap membayar akibat dari apa yang dilakukan saat ini. Jangan mau enaknya saja, tapi harus siap membayar segala risiko yang mungkin timbul dari seks bebas yang dilakukan sebelum menikah. Salah satunya adalah tertular HIV karena HIV saat ini telah menyebar begitu cepat,” lanjut presenter Insert di Trans TV tersebut.

Diana menambahkan: “Sebagain besar ibu-ibu dari anak asuh Syair.org juga adalah ibu-ibu rumah tangga biasa, buka pekerja seks maupun pemakain narkotik. Dari 59 anak asuh yang ada di Syair.org hanya 1 ibu yang pernah memakai narkotika, sedangkan yang lainnya adalah ibu-ibu biasa, baik-baik. Mereka terular HIV dari suaminya yang pernah memakai narkotika atau dari hubungan seks sebelumnya. Jadi, mengetahui track record pasangan itu sangat penting.”

“Artinya, kita bersih dan sadar pun tidak menutup kemungkinan tertular virus yang didapat dari pasangan kita. Jadi, mari kita juga budayakan periksa darah, termasuk periksa darah sebelum menikah. Masukan dalam perjanjian pra nikah dengan pasangan untuk periksa darah. Itu penting dilakukan demi menjaga keluarga kita, anak-anak kita tertular virus karena itu yang terjadi pada anak-anak asuh kita,” ajak Sary.

Comments

comments

NEWS