Tinggal di kota besar seperti Jakarta tentunya membuat kita tidak banyak memilii kesempatan untuk mengenal tanaman,  khususnya tanaman buah. Bagi anak-anak, keseharian mereka lebih banyak dihabiskan dengan bersekolah,belajar, bermain di lapangan atau bahkan menonton televisi.
Hal inilah yang membuat Syair Untuk Sahabat Foundation berkeinginan mengajak anak-anak untuk mengunjungi Taman Buah Mekarsari di Cileungsi. Sary Latief, Head of Education Development menyampaikan, bahwa banyak sekali pengalaman baru yang akan mengisi kegiatan anak-anak selama di Taman Buah, yang tentunya sangat berhubungan dengan kurikulum English4Kids yang selama ini diberikan oleh para guru.
Rekreasi dilaksanakan pada hari Minggu 27 November 2011, diikuti oleh 25 anak asuh. Mereka terpilih berdasarkan usia dan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan English4Kids. Anak-anak sangat bersemangat, begitu pula para guru dan pengurus yang turut mendampingi.
Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, bis tiba di Taman Buah Mekarsari. Anak-anak langsung dijemput dengan kereta wisata “Green Land Tour” dan menuju tempat penanaman buah. Disini mereka belajar bahwa untuk menanam pohon buah, dibutuhkan beberapa “makanan” tanaman yaitu tanah,pupuk kandang,dan gabah. Mereka tertawa geli pada saat diberitahu bahwa pupuk kandang  terbuat dari kotoran sapi.

Namun mereka tetap semangat untuk mempraktekkan menanam pohon dalam pot. Mereka membentuk kelompok, setiap kelompok mendapatkan satu pot yang harus ditanami pohon tomat. Salah satu guru, Miss Amelia, bertanya pada anak-anak, “apa bahasa inggrisnya tomat?” dan anak-anak berteriak sekencang-kencangnya “tomatooooooo….”  Setelah menanam pohon tomat dalam pot,mereka mencuci tangan dan kembali ke dalam kereta untuk mengunjungi area selanjutnya.

Bagi anak-anak, makan buah melon tentu hal yang biasa. Namun mereka belum pernah melihat bagaimana wujud pohon melon. Kita memasuki area melon,dan Kak Septian  sang  pemandu wisata berpesan, agar jangan sampai kita menyentuh daunnya, karena akan menimbulkan sedikit gatal. Melon disini berbagai  macam jenis dan bentuknya. Setelah puas berfoto dengan si buah melon,  kita bersiap menuju tempat buah yang lain. Dan kita pun mendapat sepotong melon ketika meninggalkan area tersebut. Veri Apriyatno, Enterpreneurship Development SUSF yang siang itu memotret  kegiatan anak-anak pun “mencomot” potongan melon yang dihidangkan. Nyam…

Persinggahan selanjutnya adalah memberi makan rusa. Rusa yang berjumlah sekitar 15 ekor itu berkumpul dalam satu halaman. Dipinggir pagar telah disediakan  kentang dalam karung. Anak-anak diperbolehkan melempar kentang tersebut kepada rusa.  “Rusanya bagus banget” begitu kata salah satu anak. Deasy Noviyanti yang juga ikut dalam rekreasi ini, mengajak anak-anak bernyayi lagu anak “ Doe.. a deer, a female deer..Ray, a light of golden sun..”

Kegiatan selanjutnya adalah memetik salak. Memasuki area kebun salak,kita sudah disambut oleh semerbaknya aroma buah berkulit kasar tersebut. Miss Fia bertanya pada anak-anak, “ada yang tahu bahasa inggrisnya salak?” …sunyi tak ada jawaban. Ya bahasa inggris salak adalah snake fruit, dan ketika diberitahu, anak-anak justru tertawa.. “snake,ular miss? Hahaha…”  Satu perbendaharaan kata didapat dari kunjungan ini. Dan mereka mendapatkan sekeranjang mini berisi salak-salak yang harum.

Dari kebun snake fruit kita beralih ke kebun star fruit. Untuk buah yang satu ini, anak-anak sudah tau. Di persinggahan ini kita juga mendapatkan satu buah belimbing untuk masing-masing anak.  Miss Peggy pun mengajak anak-anak bernyanyi didalam kereta,  mereka semua menunjukkan wajah riang.
Hari sudah semakin siang, perut pun sudah terisi, dan sekarang saatnya menikmati permainan yang ada di Taman Buah Mekarsari. Banyak pilihan mainan yang tersedia. Beberapa anak bermain battery car, dan monorail.  Bahkan ada juga yang tidak mau berhenti bermain.

Semua anak merasa senang dan gembira. Banyak sekali hal yang mereka dapatkan dari rekreasi ini. Mulai dari pengalaman baru, penambahan perbendaharaan kata, dan tentunya ikatan yang lebih kuat diantara anak-anak dan para guru.

Perjalanan rekreasi ini didukung oleh Blue Bird Group yang telah menyediakan bis untuk transportasi. Anak-anak yang sudah lelah ini pun tertidur pulas dalam perjalanan kembali ke sekretariat Syair Untuk Sahabat Foundation.
It’s time to care, it’s time to share.

3 Comments

Leave a reply

Menjadi organisasi yang menggerakkan kesadaran terhadap isu-isu sosial dan kesehatan yang berkembang di Indonesia, khususnya yang terkait dengan HIV dan AIDS.

Support

Dengan anggota tim dan relawan yang antusias, kami siap mendukung Anda kapan pun.

Contact

Jl. Lebak Indah V No. E/9, RT 10 RW 07

© Copyright 2021 by Syair.org